Weww..what a nice place!

Sudah hampir 5 tahun saya tinggal di Jogja, ngekos tepatnya, cuman baru kali ini akhirnya saya menginjakkan kaki di tempat ini, setelah kmren-kmren cuma dapet cerita saja dari si ini, itu, dia dan mereka..

Ullen Sentalu namanya, sebuah museum klasik yang unik, dari tempatnya saja sudah nggak umum, ada di lereng gunung Merapi, Kaliurang, saya memang sudah beberapa banyak kali ke Kaliurang, cuman ya baru kali ini menjejakkan kaki disini

Uniknya, semuanya berasal dari ketidaksengajaan saya buat nemenin temen-temen dari sini yang sedari kemarin sibuk betul mengurus kegiatan Training di kampus Kr.Gayam, dan sejenak mereka ada waktu rehat, akhirnya dimanfaatin buat jalan-jalan. Tujuan pertama adalah Candi Prambanan, tentang situs satu ini, saya yakin temen-temen pasti sudah sangat familiar dengannya, jadi nggak perlu saya bahas disini

Abis jum’atan, baru lah bergerak ke Kaliurang, ternyata hari itu museum cukup sepi, jadi lah rombongan kami menikmati betul tour singkat bersama Mbak Widi (kalo nggak salah itu namanya) itu, perjalanan dimulai dengan masuknya kami ke lorong-lorong dungeon yang pengap, kemudian kami diperkenalkan dengan lukisan-lukisan dan foto-foto kerabat dan silsilah kerajaan Mataram, ternyata Kerajaan Mataram yang sekarang pecah jadi 4 (Kasultanan, Kasunanan, Pakualaman dan Mangkunegaran) mempunyai sejarah panjang dan ribuan kebudayaan dan ritual unik yang asik.

Ada satu hal yang menarik hari itu, yaitu ketika guide menjelaskan tentang suatu Tarian sakral milik Keraton yang hanya dipentaskan dalam waktu-waktu tertentu, Bedoyo Ketawang namanya..dalam suatu lukisan besar di museum ini, ada satu gambar yang menjelaskan tentang tarian ini, pada gambar tersebut terlihat ada 9 penari wanita dan satu penari yang dilukis dalam bayangan, semua penari mengenakan pakaian berwarna hijau.

Apa yang aneh? tarian ini memang dipentaskan oleh 9 penari wanita, dengan kualifikasi-kualifikasi khusus, misalnya masih perawan, harus berpuasa beberapa hari dulu dan sebagainya, namun bukan itu yang membuat saya tertarik..

yang membuat saya tertarik adalah mengapa tarian yang hanya dipentaskan oleh 9 orang itu pada praktiknya sering terlihat ditampilkan oleh 10 orang?..menurut penjelasan sang guide, konon tarian ini diciptakan oleh Nyi Roro Kidul, dan beliau sering ikut tampil dalam tarian-tarian ini sebagai penari kesepuluh, sehingga apabila kita menyaksikan tarian ini di Kraton Jogjakarta, terkadang yang terlihat tampil adalah 10 orang, kadang beberapa mengatakan hanya 9 orang dan sebagainya

wallahu a’lam bishshawab si cuman yang jelas saya jadi penasaran pengen ngeliat tarian ini, sayangnya tarian ini hanya ditampilkan di momen-momen istimewa saja, dan itu pun belum setahun sekali..

Kembali ke Ullen Sentalu, buat saya yang menghabiskan masa kecil di Solo, saya merasa malu, karena baru kali ini juga saya diajari tentang batik, Ya..batik, akronim dari banyak titik, kain khas jawa ini ternyata corak, warna serta filosofinya bermacam-macam, berikut penggunaannya, ada motif A yang harusnya digunakan ketika B , ada corak C yang dipakai saat D dan sebagainya..dan sebagainya..

Sungguh menarik 🙂

Hmm..buat temen-temen yang sedang mencari suasana baru, sekalian refreshing plus nambah ilmu, tempat ini sangat direkomendasikan, oia untuk mahasiswa jangan lupa bawa KTM karena akan ada diskon, further info here

Ciao..

Advertisements

14 thoughts on “Weww..what a nice place!

  1. ..: Alle :..
    iya e..kan waktu Mubes BMB dulu ane nggak bisa dateng..

    ..: Emeld :..
    ayo meldah..kapan2 kita ajakin anak-anak KKN aja kesanaa..

    ..: Jon :..
    iya ya?emang kenapa si ndak boleh foto di dalem sana?

  2. .: Amel :.
    hehe..sudah di kampuang ya bu..?kapankah kembali menghirup udara Jogja..?

    .: Fahmi :.
    td abis buka-buka websitenya Batman The dark knight mii..keren saja nampaknya Bang Joker ini hehe

  3. iyaaa…
    ada potokuh di sanaahhh..
    ituu yg pake jilbab pink.. hohoohooo..

    mas,, tour guide nya namanya mba dini..
    dirimu juga lupa menyebutkan bhw kita dikasih minuman juga di sana..
    itu tuw,, minuman aseli keraton..
    hohoho.. 😀

  4. keren yak, gue juga pengen kesana lagi. penasaran pengen makan di restoran di belakang tuh. kayaknya mahal deh. hehe

  5. .: Amita :.
    oia, namanya mbak dini dink,,hehe ak ngasal banget yak..lupa siiy,,saama jga lupa nulis tentang minuman itu, karena puasa juga yah, akhirnya cuma dibawain ramuan saja, kamu minum bener nggak mi?

    .: Yanworks :.
    Iye emang keren boi..makan2 lah di BeukenHoff belakang situ, masa’ pecel lele terus hehehe

    *padahal sama-sama pecandu pecel lele, bukan karena hobi, tapi krna keterbatasan*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s