money talk!

Memang ungkapan ‘sekejam-kejam ibu tiri masih lebih kejam ibukota‘ itu benar-benar saya rasain kmren, dan ungkapan ‘money talk!‘ kaya judul diatas memang bener-bener terbukti!

Beberapa minggu yang lalu saya berangkat ke ibukota untuk sebuah urusan, urusan yang seumur hidup belum pernah saya tangani sendiri, tapi berbekal info-info dan do’a dari keluarga dan ibu tercinta akhirnya saya berangkat ke Jakarta untuk menyelesaikan unfinished business itu, Tiba di Jakarta, saya langsung berangkat ke lokasi, menyelesaikan sedikit ini dan sedikit itu, hmm..everything looks works well..

sampai pada akhirnya saya harus berhadapan dengan para pejabat kelurahan dan kecamatan setempat karena hal ihwal kelengkapan surat-surat, then masalah mulai muncul..

saya dateng pagi-pagi ke kelurahan, dan nanya apa pak lurahnya ada, jawab mereka “Ooh blom dateng mas, mungkin ntar jam 10 baru dateng”, hmm oke jadi saya harus nunggu 2 jam, oke lah daripada balik lagi dan pasti kena macet, mendingan saya tunggu..detik dan menit (bahkan jam) berlalu tanpa kedatangan pak lurah ini, sejam..dua jam..tiga jam..empat jam..lima jam..dan akhirnya enam jam sodara-sodara!! pas jam 2 siang, pak lurah baru dateng (birokrat macam apa baru dateng ke kantor jam 2 siang!! ๐Ÿ˜ฆ ), dan ternyata dia gak bisa tandatangan, WhaTT!!! setelah saya tanya kenapa, si petugas bilang klo saya masih ada kekurangan berkas, Damn! kenapa nggak bilang dari tadi, tapi saya nekad, saya bilang aja surat yang dia minta tuh dah hilang!..dan kami pun berdebat, hingga pada akhirnya dy bilang

“Mas, kalo mau cepet, semua ada dananya”

Hell!! so ente minta duit?trus saya bilang aja “Mang berapa?”

“250 ribu mas”

Gila!! semahal itu kah harga sebuah tandatangan Lurah?padahal surat yang saya perlu tuh nggak ada penting-pentingnya dibandingin KTP or KK or apa lah itu..Trus saya bilang

“Mahal amat, klo saya nggak mw bayar gimana?”

“Ya mungkin 1-2 minggu mas baru selesai”

Oh no! anda gila kisanak! saya gak punya banyak waktu..then dengan hati yang sebenarnya tidak ikhlas (plus sedih karena jatah uang saya langsung terkikis) terpaksa lah saya bayar dana segitu, mw gimana lagi, gila aja klo saya harus nungguin 2 minggu cuma buat tandatangan dia..dan akhirnya setelah uang ‘panas’ tu dimasukin ke amplop dan di-klip dengan surat-surat tadi, si LuraH langsung sign..selesai di lurah, saya pikir di kecamatan bakalan lain, ternyata sama aja bung! cuman yang di kecamatan mainnya lebih halus, nggak minta duit langsung, cuman sama aja..ujung-ujungnya duit lagi ๐Ÿ˜ฆ

jadi gini ini tho kerja birokrasi di negeri ini?bukannya saya pelit dan nggak mau bagi rejeki ya, cuman pemaksaan macam ini sangatlah mengganggu, terus gimana dengan orang-orang cilik yang nggak punya duit buat bayar-bayar gituan?pantesan aja mereka kena gusur dan kena sikat ma aparat terus, gimana mw punya kelengkapan surat-surat administratif, lha wong ngurusnya aja setengah mati susahnya?

memang susah sih kalo nurani dah ketutup..jadinya semuanya dinilai dengan uang..uang dan uang aja..

Money Talk!! Sh*T!!!

Advertisements

8 thoughts on “money talk!

  1. hohoho.. mo gimana lagi ya?
    ajang pemaksaan dan pemerasan oleh oknum aparat pemerintahan seperti camat, lurah, sekda, atau yang laennya itu udah dipupuk sejak dia kuliah di IPDN.

    IPDN = institut pemeras dalam negeri

    hoek…! ๐Ÿ˜ฆ

  2. ha?250rb??beeeh…….uwang smuwa tuw?!!
    iyaaa niy..kox gax nawar siy ri??
    gax ngajax saia seeh…..bisa ditawar 1/3 harga tuw…
    *mringis*

  3. dah ga bs comment..
    *geleng2 kepala sambil istigfar.. astagfirullah..

    yang sabar ya..smoga Allah menggantinya dengan lebih baik..insya Allah ๐Ÿ™‚

  4. #Shelling Ford
    Pengennya ya gitu joe..hehehe tapi yowis lah..apalagi sekarang lagi bulan puasa, saatnya memaafkan *hehe sok alim banget dah*

    #krisosa
    betul..betul..dari awal kan uang dah jadi yang paling utama, jadinya ya gitu

    #alle
    hehehe gimana mw nawar le?rasanya pengen nampol muka malahan..dah panas betul tuh!

    #sijono
    hehe iya bisa ditawar cuman jadinya lusanya rin hehehe…ini ibukota bung!

    #amaliasolicha
    amiinn..amiinn..

    #K
    yaah kliatannya siy gitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s